Give Your Lip a Good Treatment

Sewaktu masih sekolah dulu, aku termasuk orang yang masih kurang peduli terhadap perawatan diri sendiri, terutama untuk bibirku. Bibirku ini tipe-tipe yang bandel, cepat keringnya, pecah-pecah, ngga enak dilihat deh. Pertamakali beli lip balm, iseng-iseng aja. Lip balm yang aku beli pertamakali adalah lip balm merk Lip Ice Sheer Color, lebih tepatnya sih lip balm tint kali ya. Sesudah si lip balm tersebut habis, aku ga repurchase lagi, karena apa? Karena faktor M alias MALAS! Hehe. Sampai pada suatu hari.. pas kencan, ceritanya lagi jadi ABG centil gitu deh hahaha, pasanganku bilang “Itu bibirmu kering banget sih! Coba ini minum biar ga terlalu kering bibirnya”. SEMENJAK SAAT ITULAH… aku, akhirnya, peduli sama perawatan bibir sendiri!! HUAHAHA. Rada-rada sensi ya kalo pasanganku sendiri ngomentarin hal-hal seperti itu, daan.. ya, karena masih anak sekolahan, masih rada-rada belum mengerti merawat diri sendiri, masih belum ngeh tentang skincare. Akhirnya, aku pun mulai menjadi seorang pengumpul lip balm! Hahaha. Ya tentunya aku juga memperbanyak minum air putih sih biar ga dehidrasi dan tetap menjaga bibir aku ini ga kering.

beauty3

Ya, di postingan kali ini aku mau berbagi cerita, mau nge-share, tentang pengalamanku dan bibir sialan keringku ini. Bibir kering, bukan hanya tidak enak dipandang mata ya, tetapi juga membuat pemakaian lipstick menjadi acak-acakan! Benar-benar kelihatan bagian yang kering dan mengelupas.. hiks. So, sehabis Lip Ice, lip balm lainnya yang aku beli adalah lip balm dari Oriflame, Nivea, Maybelline, Khalisa, dan Sierra Bees. Oh ya selain melembabkap bibirku dengan lip balm, aku juga rajin pakai scrub bibir.

Yuk, kita mulai aja reviewnya satu per satu😀

  1. Lip Ice Sheer Color Pink

Lip balm dengan merk Lip Ice ini mudah banget kalian dapatkan di toko-toko swalayan terdekat, seperti Alfamart, Indomaret, AlfaMidi, Lawson, Sevel, Hypermart, Giant, Carrefour, dll. Pokoknya, bisa didapatkan dengan mudah deh. Bentuknya memanjang dan agak tipis ya, pemakaiannya hemat, ngga memakan banyak tempat (karena bentuknya yang langsing! Hihihi), dan sehabis dipoles ke bibir akan muncul warna pink alami di bibir. Harganya juga ngga mahal kok, pas untuk anak sekolahan. Aku ngga repurchase lagi karena seperti yang aku bilang, aku masih belum ngeh tentang perawatan diri sendiri. Btw, maaf yak arena belinya duluuuuu banget dan sudah ngga ada barangnya (yaiyalah sudah ku buang), jadinya comot contoh foto di mbah google saja yaa. Overall, penilaianku untuk si Lip Ice ini, 2/5 lah ya.

lip-ice-sheer-color-bubble-gum-22g

sumber : google.com

  1. Oriflame Tender Care Blackcurrant dan Oriflame Very Me Lip Balm

Ini pelembab bibir kedua yang aku beli setelah Lip Ice. Waktu itu beli karena teman ada yang jualan oriflame. Selain untuk bibir, bisa juga dipakai untuk melembabkan siku maupun telapak kaki yang kering. Aku sih pakainya buat bibir saja ya, biar hemat-hemat lah hahaha. Ada berbagai rasa, tetapi waktu itu temanku menyarankan yang blackcurrant ini (waktu itu, blackcurrant ini rasa terbaru). Tender care ini bukan tipe stick, tetapi tipe yang in jar. Sebenarnya agak kurang steril sih ya, karena kan langsung dicolak-colek memakai jari tangan. Walaupun jar-nya kecil, tetapi isinya padat dan lamaaaaa sekali habisnya. Wangi yang blackcurrant ini enak. Daya melembabkannya oke tapi.. hmm.. membuat bibirku terasa agak berminyak gitu ya. Ketika aku minum dan terkadang si tender care ini bisa ikut terbawa arus air minumku juga, tetap bikin bibirku lembab sih, ga balik jadi kering lagi. Kekurangan lainnya sih mengandung petrolatum, karena aku sudah perlahan beralih ke skincare alami, aku berusaha menghindari bahan ini, petrolatum juga diduga penyebab karsinogenik😦 . Kalau untuk harga sih ngga terlalu mahal ya (maaf lupa lagi nyatet harganya -_-). Kalau untuk repurchase sih sepertinya ngga ya karena aku lebih suka yang tipe stick, lebih praktiiiis. Untuk tender care ini, aku kasih penilaian 2.5/5 deh.

342259_63c6bc78-bda7-11e4-89b7-8f862523fab8

Ini tender care-nya. Punyaku entah ku taruh dimana, ku comot contoh gambar dari google aja ya :p

Sedangkan untuk Very Me lip balm, kebalikan dari si tender care, lip balm ini sticky banget tetapi lumayan lah kalau untuk melembabkan bibirku. Sehabis pemakaian lip tint, lip balm Very Me ini membuat bibirku tampak mengkilap alami, terlihat sehat banget deh. Kemasannya kecil, ngga memakan tempat, ada lip applicatornya juga. penilaian dariku, 3/5 deh. Repurchase Tender Care dan Very Me? sepertinya ngga ya, karena harus pesan dari orang yang member oriflame -_- agak repot jadinya.

BeautyPlus_20160425175023_save

Udah ku pakai berkali-kali nih.. udah kotor :”) haha

  1. Maybelline Baby Lips Pink Lollita

Entah mengapa ya, aku sepertinya suka banget dengan lip balm tint warna pink. Ada warna lainnya sih ya. waktu itu karena melihat review salah satu beauty blogger, akhirnya aku penasaran dengan lip balm ini dan aku beli deh! Yohoho. Aku beli di DanDan Store seharga… duh berapa ya. mungkin sekitaran 30ribuan. Lupa deh hahaha. Lip balm ini kalau untuk warna pinknya, lebih oke dibandingkan Lip Ice ya. kalau untuk melembabkan… lumayan sih, tetapi tetap saja kalau kena air pas minum, si lip balm ini daya melembabkannya berkurang, lama-kelamaan hialng deh, dan bibirku kembali agak kering lagi. Repurchase? Hmmm.. kalau lagi kepepet sih dan butuh lip balm tint, aku akan repurchase lagi, soalnya faktor mudah didapat juga, bisa langsung beli di toko swalayan terdekat. Penilaianku untuk si Baby Lips ini 3,5/5 deh karena daya melembabkannya itu loh kuraaang😦

BeautyPlus_20160425174240_save

Tadinya ada plastik pembungkusnya tetapi udah kebuang ya duh :”) by the way, hati-hati ya dengan produk baby lips palsu!! selalu beli di tempat yang terpercaya dan kalau bisa di toko swalayan saja

  1. Nivea Essential Care With Shea Butter

Kalau ditanya lipbalm favoritku, mungkin ini lip balm favorit runner up ya alias di peringkat kedua!😀 dari segi kemasan, daya melembabkan, jawara banget deh si nivea ini! Termasuk lip balm yang akan aku repurchase!! Lip balm ini berbentuk stick tetapi kemasannya agak gendut-gendut gitu ya, lebih gendut daripada kemasan Maybelline baby lips, tetapi aku justru sukaaa! Warnanya kemasannya biru (pada tutupnya) dan putih (pada sticknya, aku justru sukaa banget. Ngga girlie banget sih ya, sederhana, tetapi okeeee banget, bisa dipakai buat cowok juga nih karena kemasannya ga terlalu cewek banget. Mengapa termasuk lip balm favoritku? Karena ketika bibirku sedang dalam keadaan kering kerontang dan parah banget, lip balm dengan shea butter ini benar-benar melembabkan dan membuat bibirku kembali muluuuuuuuuussss seperti jalanan yang baru diaspal! Hahaha. Kalau untuk wanginya sih ya biasa aja, ini juga bukan tipe-tipe tinted balm lah. Mudah juga didapatkan di toko swalayan terdekat, waktu itu aku beli di Hypermart dengan harga hamper mau 30ribuan deh, 20ribu lebih gitu, maaf ya lupa! Aku kalau beli sesuatu justru lupa banget nyatetin harganya. Kekurangannya, lip balm ini agak sticky kalau aku sedang minum, lip balm yang di bibirku ini nempel-nempel dibibir gelas dan membuat bibir gelasnya menjadi…. Seperti sehabis terkena lem deh! Ampun. Lip balm ini juga cepet banget habisnya deh. Jangan dikeluarkan berlebihan ya, karena rawan patah! (punyaku patah itu, untungnya ga parah). Untuk penilaian, aku kasih rate 4/5 deh, repurchase ga? PASTINYA DONG!😀

BeautyPlus_20160425174308_save

Desainnya simple dan unisex🙂

  1. Khalisa Lip Balm Varian Pink Bubble Gum

Sewaktu membeli lip balm Nivea, aku iseng-iseng melihat lip balm merk Khalisa ini. Buatan dalam negri kok, dan kalau kalian muslim, lip balm ini ada sertifikat halal MUI juga, jadi ga perlu khawatir. Awalnya sih aku tertarik membeli lip balm ini karena wangi bubble gumnya itu loh! Bikin penasaran! dan ada pewarna pinknya juga. Kemasannya mirip dengan Lip Ice, tetapi lebih ramping lagi, jadi ga makan tempat banget lah (hati-hati hilang ya!). Hal-hal yang aku sukai dari lip balm Khalisa ini : harganya murah, mudah didapatkan di toko swalayan terdekat, wanginya permen karet banget!!, untuk pewarna pinknya lebih soft daripada Maybelline atau Lip Ice. Kekurangan dari lip balm tint ini : daya lembabnya kurang.. hiks. Bibirku ini butuh banget perawatan ekstra, butuh daya melembabkan yang super banget deh. Walaupun ga se-sticky Nivea, cepat meresap juga, tetapi daya lembabnya tetap saja kalah saing. Mungkin karena khalisa ini memakai olive oil sebagai bahan pelembab utamanya, berbeda dengan Nivea yang memakai shea butter? Entahlah. Sejauh ini sih lumayan lah, harganya lebih murah daripada Nivea dan Maybelline. Penilaian dariku 3/5, kalau untuk repurchase? Hmm.. sepertinya ngga ya.

  1. Sierra Bees Natural and Organic Lip Balm

Lip balm terakhir ini, lip balm yang menjadi nomor satu, numero uno, sang juara, pokoknya favoriiiiiittt akuuu bangeeeeet!!! Hahaha. Sekarang, aku sedang beralih ke skincare yang berbahan alami serta organik. Sierra bees ini ada sertifikat organiknya, komposisinya pun ngga terlalu banyak dan bahan-bahannya natural semua deh. Cinta banget dengan lip balm yang satu ini. Ada berbagai varian rasa, untuk contoh di bawah ini yang rasa pomegranate ya. Daya melembabkannya oke banget. Aku kalau pakai pas malam hari, bibirku tetap lembab sampai bangun tidur keesokan harinya, ngga sticky. Untuk kemasannya, sama seperti kemasan Maybelline Baby Lips dan Nivea Essential Care, tetapi Sierra Bees agak sedikit banget banget lebih ramping. Desainnya juga sederhana kok, ada tulisan Sierra Bees-nya dan gambar lebah catik, ada logo USDA Organic juga di kemasannya, kalau varian yang pomegranate ini berwarna merah ya, dan yang lucunya adalaaah si Sierra Bees ini ada safety seal-nya. Kalau segelnya itu belum rusak, dijamin deh isinya masih baru. Kalau mau tau, komposisi untuk varian pomegranate ini : Extra virgin olive oil*, beeswax*, natural flavor, sunflower seed oil*, non GMO vitamin E, pomegranate oil*.  (*) = organic

BeautyPlus_20160425174324_save

Kekurangannya adalah si lip balm ini kalau dibiarkan di tempat terik panas matahari, cepat lumer, tetapi lumernya dikiit banget, bisa diakalin dengan menaruhnya di kulkas lagi. Review dari beberapa blogger di luar negri, mereka memang purchase lip balm ini pas winter, karena ya itu tadi, mudah lumer, tetapi susah kalau di Indonesia kan negara tropis toh. Oh ya sama seperti lip balm Khalisa yang mengandung olive oil, Sierra Bees ini juga mengandung olive oil tetapi karena bahannya benar-benar natural, sedikit tercium bau-bau khas olive oil. Awalnya bagiku agak mengganggu sih ya, tetapi setelah pemakaian berulang kali sih biasa-biasa aja, justru wangi olive oilnya tertutup dengan wangi pomegranate, jadinya seperti permen jelly gitu wanginya! Enaaak! Diicip dikit juga ngga masalah sih hehehe. Kekurangan lainnya adalaaaaah belinya harus online karena belum tersedia di toko swalayan di Indonesia tetapi tenaaaaang! Aku soalnya ngejual lip balm ini juga, sekalian stock buat diri sendiri (masih ada varian coklat, mint, honey, dan shea butter plus argan oil yang belum ku habisin loh! Saking cintanya dengan lip balm ini hehe). Kalau kalian mau coba lip balm ini, bisa line aku ya (ada di bagian contact juga ID Line aku). So, penilaianku buat lip balm ini 4.5/5 dan akan SELALU aku repurchase!

BeautyPlus_20160424190031_save

Ada banyak varian rasa! kalau kalian tertarik, Line aja ke @nqa5890m atau cek Instagram di @greenivysh

Selain merawat bibirku dengan lip balm, aku juga memakai scrub bibir. Untuk kalian yang bibirnya ngga rewel seperti bibirku, scrub untuk bibir memang ngga terlalu diperlukan ya, tetapi beda denganku loh. Kalau untuk bepergian atau ada acara tertentu yang mengharuskan aku menginap di suatu tempat, aku biasanya membawa scrub bibir dari Etude House, sedangkan kalau ada waktu luang dan sedang tidak bepergian, aku racik sendiri scrub bibirku.

Sedikit ulasanku tentang lip scrub dari Etude House ini. Lip scrub ini ampuh banget untuk membuat bibirku menjadi haluuuus dan lembuuuut banget, pemakaian lipstick pun jadi tambah oke! No more chopped lip lagi deh, no negative comment dari pasanganku tercinta. Mengapa aku lebih suka membawa lip scrub ini? Padahal kan lip scrub juga bisa dibuat sendiri? Karena kemasan lip scrub dari Etude House ini dijamin ngga akan tumpah-tumpahan dan ngga akan dimakanin semut. Aman dibawa bepergian. Cara pakainya pun mudah, lip scrub dikeluarkan dari tube-nya dan baurkan di bibir, pijit bibir perlahan, diamkan sekitar 1-2 menit, kemudian bilas pakai air hangat. Kalau sedang buru-buru sih pakai air biasa juga ngga masalah. Kemudian dibersihkan dengan menggunakan tissu, lap sampai bersih ya dan kering. Kemudian kalian bisa memakai lip balm favorit kalian deh, atau kalau mau pakai lisptik ya silahkan aja. Mau pakai lip tint pun lebih oke karena si bibir kan sudah halus sehabis discrub. Harganya ngga terlalu mahal sih untuk seukuran mini seperti itu ya (lagi-lagi aku lupa catat harganya berapa). Aku waktu itu beli online sih karena di sekitaran kosanku ngga ada toko Etude House, tetapi kalau kalian di daerah Jakarta pasti mudah menemukan tokonya kok (contohnya aja di TA). Penilaianku untuk lip scrub ini 3,5/5 dan repurchase?? Sepertinya aku mau coba lip scrub dari Innisfree deh, repurchasenya nanti-nanti lagi ya :p (maaf ya lip scrub, kamu aku selingkuhin duluuu).

BeautyPlus_20160425174340_save

Tetapi karena aku juga sedang mengurangi penggunaan skincare pabrikan dan beralih ke skincare alami, organik, terkadang aku membuat DIY lip scrub juga. Bahannya mudah kok.

  1. Siapkan bahan-bahan utamanya. Gula terutama gula yang berwarna kuning ya (brown sugar juga boleh), jangan yang putih. Siapkan juga olive oil atau VCO (minyak kelapa), terserah kalian mau pakai yang mana, kalau aku sih tergantung bahan-bahan yang lagi nganggur di rumah ya hahaha. Kalau bibir kalian kering banget seperti bibirku, boleh memakai madu juga. Siapkan juga essential oil, tetapi kalau ngga pakai juga ngga masalah kok. Kalau kalian suka vanilla, bisa ditambahkan ekstrak vanilla juga. Essential oil dan ekstrak vanilla itu tambahan kok, menambah wangi aja sih, kalau ngga pakai ngga masalah.
  2. Ambil 2 sendok teh gula pasir kuning atau brown sugar (tergantung yang kalian pakai), taruh ke dalam wadah kecil / jar kecil (kalau bisa jar yang dari kaca ya). kemudian tambahkan ¼ sendok minyak (olive oil / VCO / almond oil, terserah kalian lebih suka yang mana) dan ¼ sendok madu. Kemudian tambahkan essential oil (biasanya sih yang enak ya orange essential oil, peppermint, dan lemon) dan ekstrak vanilla (optional ya). Aduk rata semua bahannya, dan selesaaai!! Kalau ada bahan berlebih di rumah, bisa kalian tambahkan bubuk kopi, bubuk cacao, atau bubuk kayu manis.
  3. Ingat ya, komposisinya kurang lebih 80% gula dan 20% minyak dan bahan-bahan lainnya. Kalau kalian mau sekali pakai saja, ngga untuk disimpan dalam waktu lama, bahan-bahannya bisa dikurangi kok. Semisal gulanya hanya ½ sendok, minyaknya sekitar 10-15 tetes dan madunya 6 tetes aja. Kalau kalian bikinnya agak banyak, jangan lupa ditutup yang rapat ya dan simpan di tempat yang kering, jangan di tempat lembab / di kamar mandi, dan jangan taruh di kulkas karena akan mengeras. Hati-hati juga dengan semut ya! karena bahan utamanya kan memakai gula.

Terakhir, ulasan tentang perawatan bibirku yang terakhir banget nih ya, aku kalau lagi iseng-iseng mampir ke The Face Shop, aku beli lip masker. Bebe Lip Mask dari The Face Shop ini biasanya aku pakai kalau aku mau datang ke acara tertentu, semisal kondangan, atau ada acara seminar, atau mau gala dinner bareng pasanganku :p hehe. Sambil memakai masker wajah lembaran (Facial Sheet Mask), aku juga pakai masker ini untuk memberikan kelembapan pada bibirku. Pokoknya aku pakai ini kalau sedang terburu-buru dan menghadiri acara tertentu aja. Satu masker ini hanya untuk sekali pakai, ada dua lembar untuk bagian atas dan bawah bibir. Untuk membantu memperbaiki kondisi bibirku, terbilang lumayan lah, dan dibantu dengan lip scrub dari Etude House. Harganya.. kalau beli di toko langsung sih terbilang lumayan mahal :”( sekitar 80ribuan kalau ku ngga salah ingat sih ya. Alternatif lain sih kalau aku sehabis mandi dan ngga bepergian, pengganti masker bibir ini ya madu saja. Aku oleskan madu di bibirku, setelah kurang lebih 5 menit, aku bilas dengan air hangat / air biasa juga ngga masalah. Pokoknya sekreatif mungkin deh aku merawat bibirku ini biar ngga kering seperti dulu lagi😉

BeautyPlus_20160425174647_save

Sekecil apapun usaha kalian untuk merawat diri kalian, pasti akan ada hasilnya kok. Ingat pesanku ya, lebih baik memakai produk perawatan tubuh yang dijual di pasaran, membuatnya sendiri (DIY), ataupun kalau membeli online pastikan dari produsen yang terpercaya dan atau dari perusahaan yang jelas. Walau hanya perawatan sepele seperti perawatan bibir, tetapi jangan sampai kalian beli produk yang abal-abal ya, rugi uang dan rugi tubuh kita karena efek negatifnya pasti kan ke tubuh kita juga. So, pastikan selalu membeli produk perawatan yang aman ya! stay healthy and pretty!😀

 

Leave a Reply

