Bye Bye Blackheads!

Bagi beberapa orang (terutama perempuan) komedo merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pada wajah yang mengganggu penampilan. Coba aja bayangin, semisal kalian mau kencan ya, ketemu orang yang spesial lah. Rambut udah oke (baru keluar dari salon ceritanya), baju udah oke (nyari baju branded yang diskonan :p), tas dan sepatu udah matching banget warnanya, pokoknya udah oke dari atas kepala sampe bawah kaki deh! ehhhhh.. tapi setelah diperbesar beberapa kali (di bagian hidung tepatnya!!) ada semacam bintik-bintik hitam ataupun putih! sekilas sih cuma keliatan kayak pori-pori yang besar ya, tapi itu justru komedo. Nah loh, tampang kece kalian jadi berkurang 150% deh cuma gara-gara si blackhead tersebut!😥

Sebenarnya, komedo itu apa sih?

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat. Tersumbat oleh apa? tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebihan pada kulit, partikel debu, dan juga kotoran, yang tidak terhapus oleh pembersihan rutin.

kjhsdchsd

Kalo dari jauh sih, keliatannya cuma kayak pori-pori yang besar ya, pdahal kalo di deketin sih.. ewwhh.. 

Jenis komedo pun ada dua, pertama adalah komedo yang terbuka (blackheads), yang kedua adalah komedo yang tertutup (whiteheads). Kalojenis  komedo yang terbuka, hidung kalian keliatan ada bintik-bintik hitam kecil, sedangkan jenis komedo yang tertutup, terlihat seperti ada tonjolah putih kecil-kecil.

tumblr_mjbue3QHq91qajwd4o1_400

Nah, ini blackhead. Keliatan kan tuh ada bintik-bintik hitam di hidung? (yaiyalah.. namanya juga BLACKhead toh wkwkwk)

maxresdefault

DSC_0204

Komedo juga bisa akibat minyak yang berlebih di wajah kita, terus numpuk deh tuh di hidung, nyumbat pori-pori, dan hidung kita ditempeli pendosa yang kalo diperbesar tuh seperti ini

komedo

Pendosa lainnya di hidung kalian, kalo di-close up begini nih! astaga itu udah macam siput boncel aja ya?? wkwkwk

Jpeg

Ilustrasi dari nona Kim di buku Fantastic Cosmetic (maaf ya kurang fokus karena foto langsung pake kamera -_- scanner eikeh ada di rumah)

Gue termasuk orang yang rajin dan semangat kalo urusan ngerawat wajah dan tubuh gue sendiri. Kadang kalo lagi ga mood sih.. bisa semingguan juga ga ngerawat diri sendiri ya! hahaha. Susah emang kalo jadi orang yang moody banget -_-

Nah.. lanjut lagi ya ke cerita si komedo. Komedo juga ternyata punya tingkatannya loh! ada yang derajat ringan, derajat sedang, dan derajat berat. Kalo ada orang yang bilang “gue sih ngga punya komedo ya” , nah, emangnya sel-sel kulit kalian ngga berganti ya? salah satu penyebab komedo kan penyumbatan pori akibat sel-sel kulit yang mati. Bukan berarti ngga punya komedo, tapi mungkin cuma di tahap yang ringan aja. Makanya, tetap rajinlah kalian membersihkan si pendosa-pendosa di hidung kalian tersebut, terutama kalian hai kaum hawa!! *sambil teriak-teriak di toa*

terus, cara ngebersihin komedo ini begimana dongg??

Setelah gue kumpulin informasi, ada secara tradisional, ada cara cepetnya juga (gue termasuk suka ngelakuin yang cara cepet ya hehe). Kalo secara tradisional, bisa dengan lemon, lidah buaya, putih telur, garam dapur, dsb. Jujur aja sih gue males ngelakuin cara yang tradisional tersebut, masalahnya, gue lagi di kosan! duh udah males banget deh diri ini kalo mesti ngeracik-ngeracik dulu. Kalo lagi di rumah sih enak. Nyari bahan tinggal beli di pasar atau ke hypermart, atau bahkan di rumah udah ada tersedia (nyolong-nyolong bahan yang ada di dapur mamah :p)

Jpeg

sekalinya udah dateng satu pendosa, biasanya bakalan ngajak temen-temen sependosa lainnya😮

Berikut ini tips untuk menghilangkan komedo dengan cepat ala gue~

1. Kalian beli plester komedo di toko (gue sih seneng banget plester biore pore pack hitam)

2. Kalian baca dengan teliti step by step pemakaian plester komedonya

3. Pakai plester komedonya

4. Say good bye to blackhead-nya! sambil liatin plesternya dan hitung berapa banyak komedo yang bermukim di hidung kalian!!😀

Gue suka banget plester komedo biore pore pack yang hitam, alasannya sederhana, karena gue bisa ngeliat dengan jelas komedo-komedo tersebut di plester hitamnya! kalo udah ngelepas plester komedo, gue serasa dosa gue berkurang banyak deh! hahaha. Dosa terhadap hidung gue maksudnya😀 kan kasian hidung ini kalo ditempelin komedo terus-terusan😦 jadi kurang indah gimanaaa gitu.

Jpeg

Ini penampakannya

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Keliatan kan tuh noda-noda putih di plesternya? itulah si pendosa! si komedo! Tapi untung deh komedonya ga terlalu banyak :’) kan udah rajin ngerawat wajah sendiriii >,< *overdosis pede-nya*

Plester komedo ini, cuma boleh dipakai 3 hari sekali, atau dalam seminggu cuma boleh dipakai dua kali. Biasanya sih gue pakai plester komedo tiap hari senin dan sabtu/minggu. Di sela-sela antara hari senin dan sabtu/minggu, biasanya gue pakai masker wajah, entah itu masker bilas, peel off, atau dalam bentuk sheet (lembaran). Jangan cuma rajin pakai plester komedo aja ya, masker wajah juga harus!! harusnya pake banget deh. Sel-sel kulit mati yang harus dibersihin kan bukan cuma di sekitar daerah hidung aja. Intinya sih harus te-la-ten. Gimana mau punya wajah bersih dan ngga kusam kalo diri sendiri juga malas ngerawat wajah? gimana juga mau diliatin cowok kece kalo wajah kaliat kusem begitu? gue pun yang rajin ngerawat diri, jarang diliatin cowok kecehhh!! hahahaha😀

Kalo nasihat dari nona Kim di buku fantastic kosmetik, cara menghilangkan komedo ini ada beberapa step :

1. Membuka pori-pori

bisa dengan menggunakan uap panas atau handuk yang udah diremdam di air hangat

2. Mendorong pengeluran si komedo

kalo kata nona Kim, bisa pakai cleansing oil dicampur garam yang dibakar dalam bambu (ealah, bambunya dapat darimana ini??), atau bisa juga dengan masker wajah, dan terutama adalah rajin membersihkan wajah dengan sabun wajah!

3. Memperkecil pori-pori

Memperkecil pori-pori bisa dilakukan dengan membilas wajah kita dengan air dingin, setelah itu, usapkan toner di wajah kalian (tonernya bisa ditaruh di kapas, terus kapasnya ditempelin ke wajah kita)

Jpeg

P_20150502_161420_1[1]

Jpeg

Tuh kan, dapat tips pula dari nona Kim!🙂

Gimana dengan kalian? pastinya punya cara-cara tersendiri ya buat ngilangin komedo. Lebih baik ngerawat diri dari sekarang, jangan sampai komedonya jadi naik derajat! bisa berabe kalo kayak gitu kan. Ada yang sampe ke dokter pula, karena komedonya udah sampai di derajat yang berat. Kalo komedo hilang, hati pun tentram, dan hidung kita pun bergembira! hahaha😀 kalo bisa sih komedonya gausah balik-balik lagi yak! hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s