Berbakat, Beruntung, atau Pekerja Keras?

Kali ini, gue mau ngebahas sesuatu yang ngga penting lagi😀 hahaha. Ide postingan kali ini berdasarkan (lagi-lagi) pengalaman gue sendiri dan hasil pengamatan dari beberapa film yang gue tonton (karena memang hobi gue nonton film). Berbakat, beruntung, atau pekerja keras, ketiga hal tersebut memiliki makna dan feel yang berbeda bagi orang-orang yang pernah ngerasain salah satu atau bahkan ketiga hal tersebut.

Pertama, gue akan bahas tentang bakat. Opini gue, bakat itu sesuatu yang sudah kita dapatkan dari lahir. Contohnya aja bakat menyanyi. Orang yang memiliki bakat menyanyi, bahkan saat masa kecilnya pun sudah terlihat kalau dia memang bisa menyanyi dan memberikan kesan “wah” bagi setiap orang yang mendengarkan dia menyanyi. Bakat yang seperti itu biasa disebut juga bakat alam, ngga ada manusia yang bisa memilah-milih bakatnya mau seperti apa.

anakberbakattalented

Musical talent

anak berbakat gifted_child

Logical talent

berbakat

Ada juga bakat unik yang gue yakin, ga semua orang bisa memiliki, yaitu bakat untuk mengambil hati orang lain. Biasanya bakat ini dimiliki oleh orang-orang yang biasa “terpilih” menjadi ketua. Entah kenapa, kalo ngedenger mereka ngomong, kita merasa…. “oh ya benar juga perkataan dia” atau sekedar menyetujui perkataan yang orang tersebut ucapkan. Ada temen gue yang memang memiliki bakat ini (tapi dirinya sendiri telat nyadarnya! Hahaha). Enak ya jadi orang yang berbakat? Kalo jawaban gue sih, iya! Enak banget! Tapi… (masih ada tapinya nih) biasanya orang-orang berbakat terkadang “tersandung” kerikil-kerikil di perjalanan menuju kesuksesannya. Orang-orang yang berbakat harus memiliki “partner” yang bisa membimbing mereka untuk menyingkirkan kerikil-kerikil tersebut, atau kita sebut saja coach. Lihat saja orang-orang yang memiliki bakat di bidang olahraga. Walaupun “berbakat” tapi kalo suatu saat lost di tengah jalan dan ngga tau harus dibawa kemana bakatnya tersebut, sama aja dengan “usaha yang sia-sia”.

Kedua, gue akan bahas tentang keberuntungan dan orang-orang yang beruntung. Pernah ngga sih kalian ketemu orang yang selalu beruntung? Ngedapetin hal-hal yang “mengesankan” semisal aja menang undian, terhindar dari bahaya, dll. Nah, kalo dari ketiga tipe yang gue sebutin di postingan ini, diri gue sendiri lebih condong ke tipe beruntung. Di pandangan orang lain, orang-orang yang beruntung tuh serasa memiliki separuh dunia deh. Ya, itu pandangan orang lain. Kenyataannya? Justru gue mendapatkan keberuntungan yang kadang ngga sesuai dengan harapan gue. Gue mau A, eh dapetnya B yang menurut orang tuh pilihan B justru pilihan oke banget dan jarang orang yang bisa ngedapetin hal tersebut. Well, they don’t know how i feel.. orang lain Cuma bisa menilai berdasarkan pandangan mereka tanpa tau hal yang kita rasakan. Sedih? Ngga juga sih. Justru gue bersyukur karena kalo lagi sangat-sangat-sangat beruntung (maksudnya keberuntungan yang datang sesuai dengan pilihan gue), gue justru bahagia banget!😀

319c35fd1c814e277dab9ea007c11253_lucky beruntung

are you a lucky man??

Terakhir adalah si tipe pekerja keras. Tipe ini, menurut gue, tipe yang memaksakan ingin memiliki bakat tertentu dan kurang keberuntungannya. Gue nonton film jepang, judulnya paradise kiss, ada salah satu tokoh yang ngga terlalu “mengesankan” dalam hal desain-desain bajunya (cerita tentang fashion designer sih filmnya) tetapi si tokoh tersebut selalu berusaha keras untuk mewujudkan impiannya. Di akhir cerita, justru lelah keringat si pekerja keras ini terbayar. Desain bajunya berhasil menyabet peringkat pertama di perlombaan fashion show dan dia dapet kontrak kerja di salah satu majalah fashion terkenal di dunia! Woooooowwwww~~ keren banget ya?? Hahaha. Tipe ini yang bisa mengalahkan tipe berbakat. Walaupun harus berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian, tapi dia pantang menyerah😀 gue salut sama orang-orang tipe ini!

pekerja keras

Welcome to the hard worker area! lol😀

pekerja_keras112759@ dia-tidak-selalu-beruntung-tapidia-selalu-sabar-menghadapi-itu tips-semangat11

Nah, solusinya gimana dong?

Hmm.. kalo berada di tipe yang seperti gue, si tipe beruntung, bisa aja mencoba banting setir ke tipe pekerja keras dulu deh. Bersusah-susah dahulu menemukan bakat! Atau bahkan passion kita. Gue sih sebenernya sedih kalo harus banting setir di tengah jalan, tapi gue berprinsip kebahagiaan adalah nomor satu di hidup gue. Jadi, kalo gue ngga bahagia dengan keberuntungan gue, gue serasa.. ngga ada niatan hidup! Hahaha. So, ayo tipe-tipe beruntung, banting setirmu kalo suatu saat ada keberuntungan yang belum sesuai dengan pilihanmu!

Kalo tipe berbakat, udah gue kasih tau kan tadi, kalian tuh buth seorang coach untuk membina bakat kalian. Tipe ini harus lebih banyak lagi rasa syukurnya karena mereka tinggal mengarahkan bakat mereka ke jalan yang benar.

Tipe pekerja keras, harus tetap konsisten dengan kerja kerasnya. Mau kapanpun hasilnya, suatu saat kalian akan berubah menjadi tipe yang beruntung kok!😀 fighting, guys! Keep the spirit on!

Leave a Reply

