Merah Putih Harga Mati, Tanah Air Harus Cinta Beta

Hari ini, aku (cielah, lagi pake bahasa baku nih) habis nonton acara yang bagus banget di salah satu channel tv. Judulnya “Merah Putih Harga Mati, Tanah Air Harus Cinta Beta”. Seingat aku sih judulnya itu yaaa.. maklumlah agak pikun ini hahahaha.

Program itu tentang warga eks Timor Timur yang terabaikan.

Dulu tanggal 30 Agustus 1999, Timor Timur memaksa untuk berpisah dari NKRI. Tapi ada beberapa warga yang menolak. Mereka tetap mau tinggal di dalam NKRI. Jadi, warga yang memberontak itu pergi meninggalkan Timor Timur (yang sekarang udah berubah jadi Timor Leste) dan warga yang menginginkan revolusi tetap tinggal di Timor Leste.

Warga yang berjumlah kurang lebih 160.000 orang itu menjadi warga pengungsi. Mereka nggak hidup layak, tinggal di rumah reyot, kadang nggak makan. Sebagian besar dari mereka menjadi pemecah batu sungai dan penjual kayu bakar. Penghasilan mereka pun hanya cukup untuk beli beras sekarung. Padahal kenyang nggak sih kalau kita cuma makan nasi doang? Aku sih nggak bakal kenyang. Nggak lengkap kalau nggak pakai lauk dan sayur!

Mereka mengakui sendiri kalau mereka cinta Indonesia. Mereka nggak menyesal jadi warga Indonesia, mereka nggak kecewa dengan Indonesia walaupun mereka nggak mendapatkan hal-hal layaknya warga negara yang dibantu pemerintah. Mereka juga mengaku bahwa Indonesia itu baik, membantu mereka padahal apa yang dibantu? Uang pun mereka tak ada. Jiwa patriotisme dan nasionalisme mereka sangaaaaaat besar, dibandingin aku tentunya. Mereka adalah para pejuang bangsa yang tak terkenal dan tenggelam dalam pelosok negri ini.

Perasaanku setelah menonton program itu? Aku bangga dengan mereka. Merekalah inspirasi aku. Mereka penggugah hatiku. Mereka pahlawanku juga. Andaikan nanti aku bisa membalas budi mereka…

Semoga Tuhan yang membalas kebaikan dan keteguhan hati mereka. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s